Sejarah Perkembangan Seni Ukir di Indonesia

Indonesia dengan kebudayaan yang berlimpah, saat ini menjadi lebih di kenal di kancah dunia, berkat perkenalan macam-macam budaya ke masyarakat Dunia, tidak hanya dari segi keindahan panorama sajah, tapi dari segi Furniture, Indonesia memiliki beberapa macam ukiran khas daerah. lalu dimulai kapan perkembangan Seni Ukir di Nusantara ini.

relif pada candi

Tentang Sejarah Perkembangan Seni Ukir di Indonesia

Di Indonesia Seni Ukir sudah di kenal sejak lama, yaitu sekitar tahun 1450 SM, pada saat itu, media yang di pakai untuk memahat adalah tanah liat, pelepah daun, kayu, batu, tulang atau bahan lain, yang pada saat itu mudah di temukan. Dari segi motifpun masih sangat sederhana, biasanya ragam motif ukiran hanya berkecimpung di simbol-simbol kepercayaan dan pesan dari sebuah ritual kepercayaan.

Berdasarkan perkembangannya, pada tahun 5005 SM hingga 3005 SM, media Ukir mengalami perubahan, hal ini di sebabkan di temukannya bahan-bahan logam, seperti perunggu, emas, perak dan lain sebagainya. Pada era ini untuk pengerjaan Seni Ukir sudah tidak lagi dipahat. Tetapi dengan menggunakan teknologi pengecoran, dan dari segi motifpun lebih kembang dengan berbagai macam corak, dari mulai motif meander, pilin berganda, tumpal, topeng serta binatang dan juga manusia.

batu nisa ukiran sulta malik

Masa ke Emasan Seni Ukir di Indonesia ketika masuknya Agama Hindu, Budha dan Islam ke Indonesia, seni ukir mengalami perkembangan yang sangat pesat terutama dalam bentuk desain dan motif, banyak peninggalan-peninggalan dari masa itu, yang sampai saat ini bisa kita lihat, seperti seni ukir pada badan Candi dan prasasti-prasasti peninggalan masa lampau.

ukiran khas suku asmat

Seni Ukiran tersebut tidak hanya kita bisa lihat pada badan-badan Candi, akan tetapi bisa kita temukan pada senjata-senjata, seperti keris, tombak, batu nisa, alat-alat musik, termasuk gamelan dan wayang. Dari segi kegunaannya, ukiran pada masa lampau dan sekarang sedikit berbeda, jika pada jaman dahulu, ukiran-ukiran tersebut di tujukan untuk simbol kepercayaan, dan berisi cerita. Sedangkan untuk saat ini, Seni Ukir cenderung hanya untuk mempercantik dan memperindah ruangan.

 

http://sejarahukir.blogspot.co.id/2014/11/sejarah-pekembangan-seji-ukir-indonesia.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *